Blog Deiza

Blog Game Aplikasi dan Juga Internet

Cara Menjaga Mata Agar Terbebas dari Bahaya Gadget

Blog Deiza - Cara Menjaga Mata Agar Terbebas dari Bahaya Gadget, Berapa banyak waktu yg anda habiskan di depan monitor perangkat elektronik atau gadget, sebenarnya tak ada yg tahu pasti ya sobat. Namun menurut laporan tren internet 2014 dari Mary Meeker, ditemukan di Amerika Serikat umumnya umur 16-44 menghabiskan 444 menit atau 7,4 jam menatap monitor tiap-tiap hri, di mana 147 menit dari tv, 103 menit dari pc, 151 menit dari ponsel canggih, & 43 menit dari tablet. 
Cara Menjaga Mata Agar Terbebas dari Bahaya Gadget

Ya, orang masa sekarang memang lah menghabiskan nyaris seluruh waktu kala menatap monitor kecuali disaat tidur. Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika melaporkan jam tidur tengah malam kebanyakan umur 25-54 selama 7,7 jam. 

Tidak Sedikit dari kita, terutama mereka yg bekerja pada computer sepanjang hri dapat menghabiskan sebagian besar hidup buat menatap monitor. The Vision Council dalam Digitaltrends (7/2/2015) mengungkapkan bahwa sepertiga dari orang dewasa menghabiskan lebih dari 9 jam tiap-tiap hri buat perangkat digital, tapi ada perbedaan di tiap generasi sebagai berikut : 
  • Kelahiran Baby Boomers (lonjakan angka kelahiran) antara th 1946 hingga 1964, jumlahnya 26% 
  • Kelahiran Gen X antara thn 1965 hingga 1980, sejumlah 32% 
  • Kelahiran Millennials antara th 1981 hingga 1996, jumlahnya 37,4% 

National Eye Institute melaporkan, penderita miopia (rabun jauh) di Amerika Serikat meningkat di mana saat ini mencapai 34 juta orang. Pada 2040 dilaporkan bakal meningkat hingga 40 juta masyarakat. Model epidemi seperti ini malah dilaporkan juga berlangsung di semua dunia. 

Lalu apa yg bisa anda lakukan buat melindungi diri dari paparan cahaya biru (blue light) yg dinamakan HEV, yg berdampak merusak mata? Dr. Gary Heiting, senior editor AllAboutVision memaparkan sebagai berikut :
Cara Menjaga Mata Agar Terbebas dari Bahaya Gadget

1. Menjaga jarak kerja yang nyaman di depan komputer, yakni layar dekat dengan panjang lengan, dan hindari sering membungkukkan badan untuk melihat lebih dekat.

2. Bila menggunakan ponsel, sebisa mungkin jangan terlalu dekat tapi tetap dalam jarak yang nyaman untuk melihat. Gunakan juga ukuran bentang layar yang sekiranya nyaman dipandang mata. Semakin jauh jarak semakin sedikit mata terpapar cahaya HEV.  

3. Setiap 20 menit, istirahat 20 detik dan melihat sesuatu di kejauhan sepanjang 20 meter jauhnya. Ini disebut aturan 20-20-20 oleh para penyedia perawatan mata, di mana fungsinya  untuk melemaskan otot fokus mata, melemaskan otot-otot di sekitar mata, dan seringlah berkedip agar permukaan mata selalu lembab (remoisten).

4. Periksakan mata bahkan untuk masalah terkecil. Selain itu, datangi perawatan mata profesional seperti opthalmologist meminta rekomendasi kacamata terbaik sesuai dengan kebutuhan.

5. Setelah itu ketika datang ke optik mintalah jenis lena yang bisa menangkal radiasi blue light dari perangkat digital kamu. Pastikan lensa kacamata juga memiliki anti-reflektif (AR) coating. Melihat dengan menggunakan lensa bisa mengurangi ketegangan mata dan lebih nyaman.

6. Pergi ke luar menikmati pemandangan hijau akan lebih membantu dalam mengistirahatkan mata sejenak.

Nah itu dia sobat Cara Menjaga Mata Agar Terbebas dari Bahaya Gadget, semoga kita bisa terhindar dari bahaya gadget ya kawan. terimakasih sudah berkunjung dan have nice day
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2015 Blog Deiza - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top